Friday, November 6, 2020

Istri Pendiri PT Gudang Garam Tbk Kediri Tutup Usia


Istri pendiri PT Gudang Garam Tbk (GGRM), mendiang Surya Wonowidjojo,Tan Siok Tjien tutup usia pada Minggu (25/10/2020) pada umur 91 tahun. 
Tan Siok Tjien meninggalkan harta warisan yang tak main-main. Bloomberg Billionaire Index mencatat, harta kekayaan Tan Siok Tjien mencapai 5,96 miliar dollar AS per Selasa (27/10/2020). Tan Siok Tjien tercatat berada di peringkat 369 orang terkaya dunia dan orang terkaya ketiga di Indonesia. 

Tan Siok Tjien mewarisi kekayaannya dari mendiang suaminya, Surya Wonowidjojo, dan sahamnya dipegang melalui PT Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma, menurut laporan tahunan perusahaan tahun 2019. Saat ini, PT Suryaduta Investama menjadi pemegang saham terbesar GGRM sebesar 69,29 persen saham. 

Surya Wonowidjojo merupakan seorang imigran dari provinsi Fujian di China, dan memulai mendirikan Gudang Garam pada tahun 1958 dengan membuat rokok linting tangan dari tembakau dan rempah-rempah cengkeh asli Indonesia. 

Rokok Gudang Garam banyak dikenal dengan sebutan kretek karena bunyi berderak yang dihasilkan dari bumbu wangi yang terbakar. Ketika penjualan meningkat, keluarga tersebut membangun lebih banyak pabrik dan memperkenalkan kretek yang diproduksi dengan mesin sekitar dua dekade kemudian, mengubah Gudang Garam menjadi pembuat rokok terbesar di Indonesia. 

Sumber : https://pop.grid.id/read/302405204/istri-pendiri-salah-satu-pabrik-rokok-terbesar-di-indonesia-wafat-harta-warisan-senilai-rp-8792-triliun-ditinggalkan-untuk-ahli-waris?page=all

0 comments:

Post a Comment