Tuesday, December 5, 2017

Monumen Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri


Monumen Simpang Lima Gumul merupakan sebuah monumen di Kediri yang didirikan dengan tujuan memajukan perekonomian masyarakat Kediri. Monumen Simpang Lima Gumul ini dibangun  tepat di tengah tengah simpang lima yang mengarah ke Kota Kediri, Pesantren, Pagu, Gurah, dan Kampung Inggris (Pare). pada tahun 2003.

Berikut ini adalah spesifikasi tinggi, luas dan jumlah sarana dari Monumen Simpang Lima Gumul:
- Tinggi Bangunan 6 Meter
- Luas 804 meter persegi
- Jumlah Lantai 6
- Jumlah Tangga 3
- Tinggi Tangga 3 Meter

Angka angka yang digunakan sebagai parameter bangunan diatas bukanlah jumlah angka sembarangan, melainkan menyimpan filosofi tersendiri. Dimana angka angka tersebut melambangkan Hari Jadi Kota Kediri, yang jatuh pada 25 Maret 804 Masehi.

Pada bagian luar dinding bangunan terdapat beberapa gambar (Relief). Relief tersebut merupakan gambaran masyarakat Kediri pada jaman dahulu. Di sudut bangunan terdapat sebuah arca yang cukup besar, yaitu arca Ganesha. Bagi umat hindu, Ganesha adalah dewa penolak bala, dewa pelindung, dewa pengetahuan dan kecerdasan.

Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kediri, yaitu membutuhkan kurang lebih 20 menit perjalanan. Monumen ini terletak di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. 

Jika berangkat dari Bandara Juanda Surabaya, maka jarak yang harus ditempuh kurang lebih 120 KM. Saat yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini adalah pada malam hari. Selain suasana nya yang dingin, pada malam hari monumen ini tampak lebih “glamor” yang dikarenakan lampu lampu yang memenuhi sisi bangunan.

Sumber : https://www.tabloidwisata.com/simpang-lima-gumul-kediri/
http://faradila.com/monumen-simpang-lima-gumul-kediri-jawa-timur-kediri-lagi/

0 comments:

Post a Comment